Sabtu, 28 Februari 2009

Wajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Tuntas 2009

Banjarmasin ( Berita ) : Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalimantan Selatan (Kalsel), Humaidi Syukeri, menyatakan, wajib belajar (Wajar) pendidikan dasar sembilan tahun di provinsinya tuntas 2009.

“Tolok ukur tuntas Wajar sembilan tahun tersebut bila angka partisipasi murni (APM) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat dan angka partisipasi kasar (APK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat mencapai 99 persen,” ujarnya , Selasa [27/01].

Ia mengungkapkan, pada Tahun 2008 APM SD sederajat di provinsi yang terdiri dari 13 Kabupaten/Kota itu mencapai 97,00 persen dan APK Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sederajat 96,18 persen. “Capaian APM SD sederajat dan APK SLTP sederajat di Kalsel 2008 berada di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 95 persen,” tuturnya didampingi Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dimen) Disdik Kalsel, Amka, M.Si.

Dari seluruh provinsi di Indonesia yang capaian APM SD sederajat dan APK SLTP sederajat sebanyak 99 persen baru Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Barat (Jabar), ungkapnya.

Mengenai capaian 100 persen menyatakan, hal tersebut mustahil atau tak mungkin dalam penanganan masalah sosial kemasyarakatan, lain halnya dengan eksakta.

“Untuk menuntaskan 100 persen anak usia sekolah ikut dalam program wajar sembilan tahun, sesuatu yang tidak memungkinkan, karena menyangkut berbagai faktor yang tak bisa dihindari, misalnya menyangkut kemauan atau sikap mental si anak itu sendiri,” demikian Humaidi. “Mungkin saja orang tuanya mampu atau berduit, tapi anaknya yang malas atau tak mau bersekolah, maka hal itu sulit untuk dipaksakan,” tambah Kabid Dikmen Disdik Kalsel.

Mengenai sanksi bagi yang tak ikut menyukseskan program wajar sembilan tahun, dia mengaku, hal itu secara fisik belum pernah dilaksanakan. Namun secara moril sanksi dari masyarakat timbul dengan sendirinya bagi mereka yang tak ikut menyukseskan program wajar sebilan tahun tersebut, tambahnya. ( ant )


sumber:http://beritasore.com/2009/01/27/wajar-pendidikan-dasar-sembilan-tahun-tuntas-2009/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar